Tropical-MCRM

Kamis, 31 Mei 2012

Proses Pengasaman Laut (Ocean Acidification)

Istilah ocean acidification atau proses pengasaman laut adalah nama yang diberikan terhadap peristiwa penurunan konsentrasi yang sedang berlangsung pada pH lautan bumi, dimana disebabkan oleh penyerapan (uptake) karbon dioksida sebagai aktivitas atropogenik dari atmosfer.

Antara Tahun 1751 sampai 2004 pH permukaan laut diperkirakan telah menurun dari sekitar 8,25 menjadi 8,14.

Pada siklus karbon alami, konsentrasi karbon dioksida (CO2) dalam atmosfer  merupakan keseimbangan fluks antara lautan, biosfer terestrial dan atmosfer.

Kegiatan manusia seperti perubahan pemanfaatan lahan dan pembakaran bahan bakar fosil telah menyebabkan fluks baru CO2 ke atmosfer.

Beberapa dari CO2 tersebut tetap berada di atmosfer (yang mana bertanggung jawab terhadap peningkatannya dalam konsentrasi atmosfer), beberapa diyakini telah diambil oleh tumbuhan darat, dan beberapa telah diserap oleh lautan.

Meskipun penyerapan oleh laut ini akan membantu memperbaiki efek iklim dari emisi CO2 antropogenik, diyakini bahwa hal tersebut akan memiliki konsekuensi negatif bagi organisme calcifying di lautan.

Penggunaan kalsit atau polimorf aragonit dari kalsium karbonat untuk membangun penutup sel atau kerangka.

Calcifiers menjangkau rantai makanan dari autotrophs sampai ke heterotrof dan mencakup organisme seperti coccolithophores, karang, foraminiferaechinodermata, krustasea, dan beberapa moluska, terutama pteropods.

Diterjemahkan dari: Science Daily

Make it easy for you to subscribe to email delivery when I publish a post.